Aplikasi chatIlustrasi aplikasi chat | Photo from Unsplash

Karja – Perkembangan teknologi pada era digital saat ini sudah sangatlah masif. Berbagai teknologi mumpuni yang terus update pun bermunculan seperti AI, AR, IoT, dan masih banyak lagi. Fenomena ini yang membuat perilaku masyarakat pun ikut berubah.

Salah satu contoh konkritnya di Indonesia adalah penduduk Indonesia sudah memiliki yang namanya handphone dan diperuntukkan untuk mengakses media sosial juga. Menurut survei dari We Are Social (2018), jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 132,7 juta orang. Dari jumlah itu, 130 juta orang aktif di media sosial dan terdapat 120 juta orang diantaranya yang mengakses media sosialnya melalui telepon selular.

Pengguna telepon selular pun sekarang lebih memanfaatkan aplikasi messenger untuk berhubungan satu dengan yang lainnya. Fenomena ini menjadi suatu potensi yang dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin bagi para pelaku usaha dalam memasarkan produknya.

Ada 3 aplikasi chat terbaik yang dapat digunakan untuk memasarkan produk kamu versi Karja.id, check it out!

1. LINE


Line | Photo from line.me

Apabila produk yang kita jual merupakan produk yang memiliki segmentasi anak muda, maka LINE-lah salah satu jawaban yang paling tepat. LINE saat ini memiliki pengguna dan fitur-fitur yang lebih mengarah kepada anak muda.

LINE memiliki beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan untuk memasarkan produk kita seperti fitur LINE@ dan LINE Shopping kepada penggunanya yang notabene kaum muda.

 

2. WhatsApp

Aplikasi chat
WhatsApp | Photo from whatsapp.com

Kalau tadi kita berbicara tentang anak muda, sekarang kita berbicara yang umum. WhatsApp, aplikasi messenger ciptaan Jan Koum dan Brian Acton ini merupakan salah satu aplikasi messenger tersukses di dunia.

Metode pemasaran melalui WhatsApp biasanya menyasar kepada para pengguna yang melihat iklan suatu produk di aplikasi media sosial lainnya dan menekan direct link yang terarah kepada satu nomor HP yang memiliki akun WhatsApp.

Metode ini bisa menggunakan https://api.whatsapp.com/send?phone=NomorWhatsapp dimana ketika kita mengganti “NomorWhatsapp” dengan menggunakan nomor kita, maka orang yang menekan link tersebut akan terkoneksi kepada nomor kita.

Selain itu, WhatsApp kini sudah meluncurkan juga WhatsApp Business yang memiliki fitur-fitur supaya pelaku usaha lebih komunikatif memasarkan produknya kepada pengguna WhatsApp.

 

3. Telegram

Aplikasi Chat
Telegram | Photo from telegram.org

Telegram merupakan salah satu aplikasi messenger yang memiliki inovasi yang beragam. Selain itu, Telegram juga memiliki perkembangan jumlah penggunanya di seluruh dunia yang cukup tinggi. Dalam blog resminya, Telegram mengumumkan telah mencapai total 200 juta pengguna yang diumumkan pada tanggal 22 Maret 2018 lalu.

Bahkan, Telegram tidak tanggung-tanggung mampu membuat fitur dimana grup dalam Telegram mampu diisi anggota sebanyak 200.000 pengguna! Ya benar, DUA RATUS RIBU Pengguna. Fitur ini diumumkan pada 21/1 lalu dalam blog resminya. Tentunya fitur ini bisa memberikan kemudahan-kemudahan yang semakin mudah dicapai.

Masih banyak fitur-fitur lainnya dalam Telegram yang sangat membantu bisnis dalam memasarkan produknya seperti instant view, tampilan yang user friendly (mudah dipelajari dan digunakan) dan masih banyak lagi.