Rapat Online
Ilustrasi rapat online | Photo from Unsplash/Headway

Karja – Rapat online saat ini telah menjadi rutinitas bagi sebagian besar pekerja kantoran. Semenjak diberlakukannya work from home, rapat atau meeting online ini menjadi sebuah kewajiban bagi para pekerja kantoran di tengah pandemi corona ini.

Jika selama ini kalian terbiasa dengan rapat yang dilakukan secara langsung, mungkin kalian akan merasa canggung saat melakukan rapat secara online. Bahkan mungkin beberapa dari kalian akan kebingungan harus mengenakan baju seperti apa atau harus bersikap bagaimana.

Worry not, kali ini Karja akan membantu kalian untuk memahami bagaimana etika meeting secara online. Yuk, disimak!

1. Mengenakan pakaian rapi dan sopan


Ilustrasi rapat secara online | Photo from Pexels/Andrea Piacquadio

Kebanyakan orang mengira karena mereka bekerja dari rumah, maka mereka bisa mengenakan pakaian asal-asalan, seperti piyama misalnya. For your information, itu adalah salah satu tindakan yang tidak profesional ya, Sobat!

Ketika kalian akan melakukan rapat, jangan kenakan piyama atau baju rumah, melainkan gunakan baju yang sopan dan rapi. Tujuannya adalah untuk menghargai diri kalian sendiri dan juga orang lain. Apakah kalian mau menjadi bahan omongan oleh rekan kerja karena menghadiri rapat menggunakan piyama?

Jangan lupa juga untuk mandi atau minimal cuci muka dahulu agar ketika rapat kalian tidak menampakkan wajah yang masih bermuka bantal. Anggaplah ketika kalian sedang mengikuti rapat online ini seperti kalian sedang mengikuti rapat secara langsung seperti di kantor.

2. Datang tepat waktu


Ilustrasi rapat secara online | Photo by Pexels/Andrea Piacquadio

Ketika kalian mengikuti rapat usahakan kalian sudah mempersiapkan diri sebelum jam rapat dimulai. Hal ini supaya kalian tidak datang terlambat ketika menghadiri rapat tersebut.

Sama seperti ketika terlambat di rapat saat di kantor, datang telat saat rapat juga membuat kalian jadi perbincangan rekan kerja dan juga memberi penilaian negatif pada kinerja kalian sendiri. Selain itu, kalian juga jadi ketinggalan informasi mengenai hal apa saja yang diperbincangkan dalam rapat tersebut.

3. Menekan tombol mute

Rapat Online
Ilustrasi rapat secara online | Photo by Pexels/bongkarn thanyakij

Ketika kalian berada di rumah dan akan mengikuti rapat maka tekanlah tombol mute ketika kalian sedang tidak berbicara. Hal ini wajib kalian lakukan terutama jika kalian tidak sendirian di rumah. Pastinya akan ada banyak suara yang masuk dan akhirnya mengganggu jalannya rapat yang sedang berlangsung.

4. Fokus

Rapat Online
Ilustrasi rapat secara online | Photo by Pexels/Andrea Piacquadio

Ketika kalian bekerja dari rumah maka bukan berarti kalian bisa sambil melakukan hal lainnya ya, Sobat. Terutama ketika kalian sedang menghadiri rapat, jangan menghadiri rapat sambil makan, menjaga anak, membawa hewan peliharaan dan sebagainya.

Selain tidak sopan, tentu saja kegiatan tersebut akan membuat kalian menjadi tidak fokus dengan rapat yang kalian hadiri karena konsentrasi kalian menjadi terbelah kepada aktivitas-aktivitas yang lainnya.

#terusberkarya