Arif Hidayat
Arif Hidayat | Photo from Instagram/Arif_Hidayat

Karja – Siapa sih yang tidak pengen jadi entrepreneur sukses di usia muda? Di umurnya yang masih menginjak angka 20an, Arif Hidayat telah sukses membuktikan pada dunia bahwa dirinya berhasil memperoleh pundi-pundi dari brand lokal.

Berikut beberapa fakta menarik yang harus diketahui sobat entrepreneurs soal Arif Hidayat!

1. Pernah Geluti Sulap, Hingga Jadi Entrepreneur Muda

Arif Hidayat
Arif Hidayat | Photo from Instagram/Arif_Hidayat

Tahukah kalian, bahwa pria tampan satu ini dulu sempat menggeluti dunia sulap cukup lama. Arif bahkan pernah melakukan pertunjukkan dari restoran ke restoran.

Berharap dapat imbalan uang, ternyata Ia hanya dibayar dengan sepiring makanan dan minuman. Cukup kecewa ya pastinya sobat?

Namun Arif tidak mudah menyerah begitu saja, Ia malah bertekad untuk mempelajari lebih dalam tentang dunia sulap. Hingga akhirnya berhasil memenangkan salah satu ajang sulap yang cukup terkenal lho!

Namun, itu semua ternyata belum cukup, tidak lama setelah naik daun, namanya kembali redup. Hal inilah yang akhirnya menyadarkan Arif, bahwa dunia entertainment bukanlah jawaban atas kesuksesan dalam hidupnya.

Saat usianya mencapai 14 tahun, Arif mulai mengenal dunia bisnis kecil-kecilan. Dari berjualan nasi uduk di sekolah. Hingga menemukan peluang dari penjualan baju jersey.

Keuntungan yang di dapat dari penjualan jersey, diputar kembali oleh Arif. Ia kembali mencoba peluang bisnis baru di bidang emas dan saham.

Penjualan jersey berjalan cukup lama, hingga akhirnya Arif masuk ke salah satu perguruan tinggi di kota Tangerang. Setelah cukup sibuk dengan kehidupan perkuliahan, bisnis jersey milik Arif ini terpaksa harus gulung tikar. Bukannya untung besar, Arif harus menanggung kerugian sebesar 50 juta Rupiah di tahun itu.

Setelah bisnis jersey miliknya dipaksa harus gulung tikar, ternyata bisnis saham dan emas yang digelutinya juga berakhir buruk. Emas turun, logam mulia juga jeblok. Kerugiannya mencapai 200 juta rupiah. Hingga Arif akhirnya mengalami depresi yang cukup berat.

Siapa sih yang ngga sedih kalau usaha yang digeluti susah payah ternyata harus mengalami kerugian besar ya sobat? Eits, tapi kisah sukses dari Arif Hidayat belum berhenti disini, loh.

Arif melihat adanya peluang dari clothing line. Sehingga terbentuklah sebuah brand lokal yang dinamainya Livehaf. Livehaf adalah usaha yang bergerak di bidang fashion. Produknya masih difokuskan untuk daily wear pria yang kemudian juga merambah untuk kaos yang dapat digunakan unisex.

Bisnis yang masih berjalan kurang lebih 3 tahunan ini ternyata berhasil menuai banyak pundi-pundi keuntungan. Bahkan sekarang, total keseluruhan pegawainya sudah mencapai 70 orang loh.

Gimana sobat? Keren banget kan usaha dari Arif Hidayat satu ini? Ternyata pantang menyerah berhasil menjadi salah satu kunci kesuksesan dari entrepreneur muda satu ini ya!

2. Konsisten Hidup Sehat, Konsisten Kerja


Arif Hidayat | Photo from Instagram/Arif_Hidayat

Kalau soal hidup sehat, jangan ditanya lagi deh. Menurut Arif, kesehatan adalah yang nomor satu. Setiap hari, Ia akan bangun pukul 5 pagi. Melakukan beberapa persiapan kecil, seperti cuci muka, sikat gigi, dan lain-lain.

Pukul 6 pagi, Arif Hidayat segera berangkat untuk melakukan olahraga rutinnya di tempat fitness. Berangkat dengan niat ingin memiliki perut sixpack dan tampil keren, Arif kian rajin menggeluti aktifitas olahraganya.

Namun setelah berjalan lebih dari 5 tahun, kebiasaan tersebut telah menjadi kegiatan rutinnya sehari-sehari. Bahkan jika Arif melewatkan waktu olahraga, Ia merasa lebih mudah mengantuk dan tidak semangat untuk bekerja.

Pukul 9 pagi, Arif sudah siap di kantor untuk memulai aktifitas bekerja. Uniknya, sebagai CEO dan Founder, Arif menekankan bahwa dirinya juga pegawai.

Sehingga Ia rutin datang tepat waktu setiap harinya. Setelah pukul 5 sore, barulah Arif pulang kerumah. Nah, kalo tanding siapa yang lebih konsisten, yang menang kamu atau Arif nih?

3. Tidak Pernah Berhenti Belajar


Arif Hidayat | Photo from Instagram/Arif_Hidayat

“Tuntutlah ilmu sampai ke negeri China.”

Yaps, peribahasa tersebut mengajarkan kita betapa pentingnya untuk terus belajar ya, sobat.

Baik belajar dari teori atau belajar dari pengalaman yang didapatkan dari praktik di lapangan langsung, itu sama-sama belajar. Namun, menurut Arif, Ia lebih cepat mempelajari sesuatu dengan terjun lapangan langsung.

Uniknya lagi, ketika melakukan olahraga pagi atau fitness, Arif kerap kali mendengarkan audio book loh. Menurutnya, belajar hal baru lebih menarik ketimbang mendengarkan lagu.

Wah, keren banget ya Arif Hidayat. Walaupun sudah terbilang sukses, tapi Ia tidak berhenti untuk terus belajar!

4. Langgeng Pacaran Sejak SMA


Arif Hidayat | Photo from Instagram/Arif_Hidayat

Fakta yang cukup menyedihkan ya, girls? Siapa sih cewe yang ga suka sama tampilan dan kepribadian pria kece satu ini? Udah tampan, mapan, dan pantang menyerah lagi?

Sayangnya, suka ngga suka, Arif Hidayat telah menjalin hubungan tali asmara cukup lama dengan seseorang. Penasaran siapa gadis yang beruntung ini? Yaps, dia adalah Gritte Agatha. Artis muda Indonesia yang juga memiliki paras cantik.

Pasangan yang sudah pacaran sejak SMA ini, sudah tidak sungkan lagi untuk menunjukkan potret mesra mereka di depan umum loh sobat. Apalagi Arif juga sering diajak nge-vlog bareng di channel Youtube milik Gritte.

Wah, keliatannya udah cocok banget ya?  Doain yang terbaik aja ya buat pasangan romantis ini.

Karja, we share creative and up to date content for millennials and gen Z in Indonesia.”