Sutradara Terkaya di DuniaBeberapa contoh sutradara terkaya di dunia memiliki karya seperti film film Star Wars hingga Avatar | Photo from Dok. IMDB dan AFP/Daniel LEALOLIVAS

Karja – Industri perfilman saat ini menjadi industri yang memiliki perkemabangan pesat. Bagaimana tidak, film menjadi salah satu bentuk kebutuhan entertainment yang diinginkan oleh mayoritas orang.

Mulai dari produser hingga aktor dan aktris pun bisa meraup kekayaan yang berlimpah. Tidak hanya mereka, sutradara pun juga kecipratan rejeki dari film yang laku di pasaran.

Menjadi sutradara mungkin mimpi bagi banyak orang yang berkecimpung di dunia layar lebar. Namun, menjalani peran sebagai sutradara tentunya bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

Membutuhkan beragam keahlian khusus agar bisa menjadi sutradara yang baik dan dikenal oleh banyak orang serta melahirkan film-film yang berkualitas tinggi. Sama halnya seperti lima sutradara terkenal di dunia ini; pengalaman mereka yang begitu banyak mampu membuat mereka berhasil menjadi sutradara terkaya dunia.

Tidak hanya itu, film-film yang mereka hasilkan pun mampu menjadi box office di bioskop seluruh dunia. Penasaran siapa saja lima sutradara terkaya di dunia tersebut? Dilansir dari The Richest, simak pembahasannya di bawah ini.

1. George Lucas

Sutradara Terkaya di Dunia
George Lucas | Photo from AFP PHOTO/STEFANUS IAN

Posisi pertama sutradara terkaya dunia diduduki oleh George Lucas dengan total kekayaan pada Mei 2019 sebesar $7,62 miliar atau setara dengan sekitar Rp 106 triliun. Bagi kalian yang belum mengenal siapa George Lucas, ia adalah seorang pria berusia 75 tahun yang berada di balik film Star Wars.

Keenam film Star Wars hasil karyanya mampu meraup keuntungan sebesar $ 4,3 miliar dari seluruh bioskop di dunia. Sedangkan mainan, merchandise dan video gamesnya menghasilkan penghasilan kotor sebesar lebih dari $ 20 miliar.

Lucas sendiri menjual Lucas Films pada tanggal 21 Desember 2012 kepada Disney seharga $ 4,05 miliar, yang separuhnya diberikan dalam bentuk uang tunai dan separuhnya dalam bentuk kepemilikan saham di Disney.

2. Steven Spielberg

Sutradara Terkaya di Dunia

Posisi kedua sutradara terkaya dunia diisi oleh Steven Spielberg yang berasal dari Ohio, dengan total kekayaan yang dimilikinya yaitu $ 5,41 miliar pada tahun 2017 atau setara dengan Rp 75 triliun. Pemilik nama lengkap Steven Alan Spielberg ini adalah seorang sutradara, penulis naskah, produser, desainer video game, dan pemilik studio film Dreamworks Animation.

Pria berusia 73 tahun ini adalah sosok di balik film-film box office seperti E.T., Jaws, Indiana Jones, Back To the Future, Jurassic Park, Tintin, Ready Player One, Real Steel, Transformers dan masih banyak lagi.

3. Joao Moreira Salles

image.png
Joao Moreira Salles | Photo by Forbes

Dengan kekayaan sebesar $5,33 miliar atau setara dengan Rp 74 triliun pada tahun 2017, mampu membuat Joao menjadi sosok sutradara terkaya ketiga dunia. Nama Joao mungkin kurang dikenal oleh masyarakat di Indonesia, namun Joao sendiri sangat dikenal sebagai sutradara pembuat film terbaik di Brazil kota asalnya.

Pada tahun 1987, bersama dengan saudaranya, Walter Salles mereka berdua mendirikan studio bernama Video Filmes dimana mereka berfokus pada acara dokumenter.

4. David Guggenheim

image.png
Davis Guggenheim | Photo by IMDb

Pada tahun 2013, Davis Guggenheim memiliki kekayaan sebesar $ 2,5 miliar atau setara dengan Rp 35 triliun. Sama seperti Joao, Davis juga menyukai membuat film-film dokumenter.

Tiga judul film dokumenternya adalah Waiting for Superman, The Road We’ve Traveled dan An Incovenient Truth. Sejak tahun 2006, ia adalah satu-satunya sutradara yang merilis tiga film dokumenter, di mana ketiga film dokumenter tersebut diperkirakan masuk dalam deretan top 100 film dokumenter berpendapatan tertinggi sepanjang waktu.

5. James Cameron

image.png
James Cameron | Photo by IMDb

Siapa, sih, yang tidak kenal James Cameron? Namanya sebagai seorang sutradara telah kerap kali muncul di film-film box office, terutama yang paling terkenal adalah Titanic. Tidak heran jika kekayaannya sendiri mencapai $ 700 juta dan mampu membuat dia berada di posisi ke 5 sutradara terkaya dunia.

Bahkan saking terkenalnya, Cameron dijuluki King of Hollywood. Jelas karena film-filmnya yang selalu laku di pasaran dan memperoleh penghargaan, sebut saja seperti Titanic, Avatar, Terminator, Aliens, Piranha dan lainnya.

#terusberkarya