Achmad Efendi

Achmad Efendi | Photo from dok. pribadi

Inspirasi dalam perjuangan hidup bisa datang darimana saja. Kali ini datangnya dari Achmad Efendi, pemuda asal Samarinda yang menebar inspirasi melalui bidang pendidikan.

Achmad Efendi resmi diwisuda dalam Wisuda Gelombang IV Tahun 2020 Universitas Mulawarman (wisuda online) pada Sabtu kemarin (12/12/2020). Selesainya prosesi wisuda online tersebut menandakan bahwa Achmad Efendi resmi menyandang gelar M.E (Magister Ekonomi) dan M.A.P (Magister Administrasi Publik).

Achmad Efendi
Achmad Efendi setelah diwisuda | Photo from dok.pribadi

Fendi, sapaan karibnya, menempuh studi pada program studi magister ilmu ekonomi konsentrasi ekonomika perencanaan dan pembangunan dan juga program studi magister ilmu administrasi publik konsentrasi kebijakan dan kepemudaan.

Hal menariknya adalah Fendi sukses menyelesaikan dua pendidikan magisternya dan diwisuda secara bersamaan. Bukanlah tanpa alasan Fendi memutuskan menjalani dua studi magister secara bersamaan di Universitas Mulawarman. Fendi menjelaskan bahwa dirinya ingin berkarya dan berdampak positif bagi masyarakat melalui perpaduan dua ilmu studi yang ditempuhnya.

Selalu termotivasi untuk belajar dan mengembangkan diri

Achmad Efendi
Achmad Efendi juga aktif mengikuti kegiatan non akademik selama menempuh studi magister | Photo from dok.pribadi

Fendi menjelaskan bahwa dirinya memiliki motivasi untuk terus belajar dari waktu ke waktu. “Pada intinya ingin banyak belajar, kemudian memadukan antara konsep perencanaan dan kebijakan pembangunan”, tutur Fendi yang diwawancarai oleh Karja (16/12/2020).

Fendy memaparkan bahwa konsep dan kebijakan yang dihasilkan dari kedua studi tersebut diharapkan dapat meminimalisir kesalahan karena dibangun tidak dengan satu sisi/bidang.

Harapannya ke depan setelah selesainya kedua studi yang ditempuh adalah bisa memiliki pengalaman, pengetahuan, dan relasi. Dan yang paling penting dari semua itu adalah sebagai refleksi yang menyadarkan dirinya bahwa masih sangat banyak hal yang harus lebih dipelajari.

Pengalaman Achmad Efendi menarik selama menempuh dua studi magister


Achmad Efendi saat mengisi event Digital Marketing bersama Activ Digital Agency | Photo from dok. Activ Digital Agency

Berbagai hal menarik yang tak terlupakan saat Fendi menempuh dua studi magister di Universitas Mulawarman. Tentu saja bukan hal yang mudah dalam membagi waktu saat menempuh kedua studi tersebut.

Beberapa pengalaman yang pernah terjadi misalnya seperti makalah yang tertukar saat mengumpulkan tugas, dalam sehari harus bolak-balik pindah kelas, bahkan salah membawa draf tesis ke dosen pembimbing.

Namun, kejadian-kejadian tak terlupakan inilah yang membuat Fendi menjadi semangat untuk terus belajar dan menyelesaikan kedua studi ini secara bersamaan.

Dirinya terus berusaha menjadi orang yang bertanggung jawab dan berkomitmen tinggi untuk menyelesaikan apa yang telah diputuskannya. Apalagi, pada studi ilmu administrasi publik yang ditempuhnya, Fendi merupakan salah satu penerima beasiswa kepemudaan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia tahun 2018 bersama dengan 29 penerima beasiswa lainnya.

 

Harapan dan pesan dari Achmad Efendi


Achmad Efendi saat mengunjungi Kasetsart University di Thailand | Photo from dok.pribadi

“Stop wishing, start doing”

– Achmad Efendi

Dengan resminya Achmad Efendi menyandang dua gelar magister tersebut, maka Fendi berharap dapat menjadi kebaikan yang bisa ditebar kepada sesama.

“Dapat benar-benar bisa memberikan kebaikan dan kebermanfaatan khususnya kepada lingkungan dan orang disekitar serta masyarakat luas pada umumnya.”, kata Fendi.

Fendi juga berpesan kepada seluruh anak muda Indonesia bahwa anak muda harus tetap berjuang untuk menggapai masa depan yang indah.

“kekhawatiran akan selalu membatasi, tapi dengan dengan imajinasi akan membebaskan, tetap optimis dan harus realistis.”, tambah Fendi.

Karja, we share creative and up to date content for millennials and gen Z in Indonesia.”

 

[ADVERTISING]

Cobain langsung nasi kulit pertama dan terenak di kota Samarinda!

Pantengin aja langsung Instagramnya! @nasikulitsyuurga.samarinda