Bisnis Franchise
Ilustrasi bisnis franchise | Photo from Unsplash/Jay Wennington

Karja – Salah satu memulai bisnis di era saat ini adalah memulainya dengan konsep franchise.  Saat ini sudah banyak penawaran-penawaran bisnis franchise yang ditawarkan saat ini.

Berbisnis dengan konsep membeli lisensi franchise memang memberikan kemudahan bagi franchisee (pembeli lisensi franchise). Bagaimana tidak, seorang franchisor-lah (pemilik lisensi franchise) yang menyiapkan ide, konsep dan panduan-panduan untuk mengolah produk atau jasa dari franchise tersebut.

Konsep ini berkembang cukup pesat di Indonesia dimana sudah banyak pihak-pihak yang menjadikan bisnisnya dengan sistem franchise. Selain itu, peminat franchise pun bisa dikatakan juga tinggi mengingat banyaknya kemudahan-kemudahan yang diperoleh ketika membeli lisensi franchise.

Namun, membeli sebuah lisensi franchise tetaplah tidak bisa sembarangan pilih hanya karena tergiur dengan kemudahan-kemudahan yang diperoleh. Beberapa pertimbangan haruslah dipikirkan supaya modal yang telah diinvestasikan tidak terbuang sia-sia.

1. Lihat track record dari franchisor (pemilik lisensi franchise)

Bisnis Franchise
Ilustrasi track record | Photo by Unsplash/Ivan Dorofeev

Track record menjadi pertimbangan yang cukup penting dalam memilih sebuah franchise. Banyak cara untuk ‘kepoin’ calon franchise yang ingin kita beli lisensinya di era digital ini, misalnya dengan mencari informasinya melalui beberapa sumber seperti media sosial dan website franchise tersebut.

Periksa kira-kira bagaimana informasi yang dimuat dalam sumber tersebut up to date dan bersifat positif atau sebaliknya. Informasi yang dimaksud bisa berupa bagaimana konsepnya, sejarah berdirinya, konten foto dan video menarik yang dibagikan di media sosial, cara franchisor berinteraksi dengan netizen dan masih banyak lagi.

Sumber-sumber dari platform digital akan memberikan pertimbangan dan penilaian untuk kita tentang franchise tersebut. Semakin banyak referensi yang kita peroleh, berarti bisa dikatakan semakin tinggi juga kredibilitas dari franchise tersebut.

 

2. Lihat bukti-bukti keberhasilan dari franchise tersebut

Bisnis Franchise
Ilustrasi berhasil | Photo from Unsplash/Doran Erickson

Sebuah Franchise menjadi semakin layak dipilih dan terpercaya apabila franchise tersebut mampu untuk membuktikan keberhasilan-keberhasilan yang dia peroleh melalui media sosial, website dan sejenisnya.

Biasanya franchise yang memiliki berbagai prestasi, baik dari sisi penjualan dan penghargaan lainnya, akan mempublikasikan sebagai bentuk bahwa franchise tersebut diterima masyarakat dengan baik di pasaran.

Bukti keberhasilan tersebut bisa berupa testimoni dari franchisee (pembeli lisensi franchise) yang sukses dengan franchise tersebut, bisa juga berupa tingkat penjualan yang tinggi dan masih banyak lagi karena tidak ada tolak ukur yang pasti, tinggal masing-masing pribadi bagaimana menilai sebuah keberhasilan itu.

 

3. Apakah Penawaran Franchise yang Diberikan Menarik?


Ilustrasi penawaran | Photo from Unsplash/Artem Beliaikin

Hal ini yang paling penting karena penyajian penawaran yang diberikan franchisor kepada calon franchisee-lah yang menentukan apakah konsep franchise tersebut cocok atau tidak. Penawaran yang baik biasanya berupa :

– Harga franchise

Alat dan bahan operasional apa saja yang akan diberikan di awal

– Perhitungan payback period (berapa lama balik hasil) yang realistis dan masuk akal

4. Cek konten-konten informasi yang dihasilkan oleh Franchise


Ilustrasi konten | Photo from Unsplash/Austin Distel

Jangan lupa untuk melihat bagaimana keaktifan konten-konten informasi yang dibagikan oleh franchise tersebut di media sosial, website dan sejenisnya dari franchise tersebut. Apabila rutin mengisi konten dan berinteraksi dengan netizen maka bisa dipastikan Franchise tersebut berkompeten.

Konten informasi tentang produk franchise dan cara franchise berinteraksi dengan netizen menjadi nilai tambah untuk franchise tersebut karena franchise tersebut juga memiliki kemampuan untuk berinteraksi di dunia maya secara organik.

#terusberkarya