Business Model Canvas
Ilustrasi Business Model Canvas | Picture from Teodor Gabriel Crainic via Research Gate

Karja – Dalam menjalankan sebuah bisnis dibutuhkan beberapa ‘alat’ yang mampu menganalisis sebuah bisnis supaya lebih terarah. Salah satu tools yang sering dipakai untuk bisnis baru atau startup yakni Business Model Canvas.

Business Model Canvas adalah sebuah alat yang digunakan untuk membantu kita memahami sebuah model bisnis dengan cara yang lebih praktis sobat.

Alat yang sangat membantu ini diciptakan oleh Alexander Osterwalder dari Strategyzer. Ia juga menulis buku yang sangat menarik yakni Business Model Generation yang dibuat bersama rekannya Yves Pigneur pada tahun 2010.

Lalu bagaimana cara menggunakan tools ini? Nah, sebelum memulai mengisi, tentunya kita harus sudah menentukan mau menawarkan produk/jasa apa setelah itu barulah kita dapat mengisi kolom-kolom seperti Customer Segments, Channels, Revenue Streams, Cost Structure, Value Propositions dan 5 komponen lainnya yang akan membentuk permodelan bisnis kamu sobat.

Tools ini seringkali digunakan oleh startup-startup untuk menentuk model bisnis yang akan dijalankan, sobat. Selain itu, tools inisangat cocok untuk kamu yang saat ini sedang merintis usaha atau ingin membangun usaha.

Tools ini mampu menyederhanakan seluruh komponen bisnis menjadi 1 lembar canvas yang mudah dipahami sobat. Kamu dapat menggunakan tools ini dari website yang disediakan oleh Alexander Osterwalder yakni dari Strategyzer.com.

Nah sobat, kalian dapat coba-coba membuat Business Model Canvas kalian sendiri untuk memahami model bisnis seperti apa yang akan kalian jalankan nantinya.

#terusberkarya