Cantika Abigail

Cantika Abigail feat Rayi Putra. | Photo from Sony Music Indonesia

Sejak grup musik GAC (Gamaliel, Audrey, Cantika) memutuskan untuk menjalani solo karir di awal tahun 2019, Cantika Abigail telah merilis “Start Over” tepat satu tahun lalu, yaitu tanggal 18 Oktober 2020. Lewat lagu tersebut Cantika mendapatkan nominasi pertamanya sebagai penyanyi solo pada AMI Awards 2020 pada kategori Artis Solo Pria/ Wanita Soul/ R&B Terbaik.

Dalam satu tahun belakangan Cantika Abigail merasa dirinya bertumbuh dan berkembang dalam banyak hal, tidak hanya sebagai seorang seniman dan performer, ia juga menyadari bahwa karya yang dia tulis dan perdengarkan bukan hanya tentang dirinya sendiri tapi adalah sesuatu yang ia inginkan untuk bisa dinikmati dan dimengerti oleh masyarakat luas. Pemikiran ini jugalah yang menjadikan lagu “SIGN” yang awalnya ditulis dengan lirik full English akhirnya digubah menjadi lagu dengan lirik campuran Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

“SIGN” digarap Cantika bersama music producer Kenny Gabriel, lalu dalam perjalanannya Rayi Putra bergabung, karena dari awal Cantika merasa lagu ini memang membutuhkan part rap dan Rayi menjadi pilihan pertama. Pada sesi rekaman Kamga bergabung sebagai vocal director dan juga mengisi backing vocal. Secara lirik “SIGN” bercerita tentang hubungan cowok dan cewek yang sama – sama tertarik dan merasa butuh kepastian untuk melangkah kedalam level hubungan yang lebih pasti.

Sinergi dari 4 bakat ini akhirnya menjadikan “SIGN” sebagai track pop R&B yang catchy danseductive disaat bersamaan. Sebagai song writer Cantika juga sangat puas bisa menambahkan part bridge yang menjadi ciri khasnya kedalam lagu ini.

“I have faith in this song, gue sangat mencintai lagu ini dan ingin semua orang juga menikmatinya.”, tuturnya.

Mungkin lagu ini bukan sesuatu yang sangat dalam dan berat, tapi gue berharap ini adalah lagu yang relatable, bercerita tentang hal yang dialami banyak orang. Gue mengerjakan project ini dengat sangat bersemangat dan mendapatkan dukungan dari tim yang tepat. Rayi tidak hanya menulis dan mengisi bagian rap, tapi juga membuat gue percaya diri untuk menulis dalam Bahasa Indonesia, yang sebelumnya terasa sangat menantang”, begitu Cantika bercerita tentang penggarapan “SIGN”.

Cantika Abigail

Cantika Abigail | Photo from Instagram/abigailcantika

“Pada dasarnya gue memang berteman baik dengan Cantika. Jadi ketika dia ngajak utk featuring di lagu ini gue langsung mengiyakan. Apalagi saat mendengarkan demo pertamanya, lagunya menurut gue enak dan keren”, begitu Rayi Putra bercerita awal mulanya dia terlibat pada kolaborasi ini.

Visualisasi “SIGN” digarap oleh Gilbert March, director yang juga menggarap “Start Over”. “Semiotika tiga warna adalah ide yang kita kembangkan dalam music video ini. Frase ‘lampu hijau’ menandakan seseorang dipersilahkan melakukan sesuatu. Sedangkan munculnya warna merah dalam sebuah tanda sering diartikan sebagai larangan. Diantara kedua warna tersebut ada transisi, yaitu warna kuning yang memberitahu untuk bersiap. Lighting berwarna merah mendominasi dengan tujuan untuk memberikan efek sensual, ditambah dengan efek spotlight yang mempertajam fokus sosok Cantika dan Rayi. Pengambilan gambar menggunakan 8mm, editan dengan gayavintage VHS untuk membuat shotnya menjadi lebih authentic”, begitu Gilbert menjelaskan.

Penampilan Cantika Abigail yang sexy pada music video “SIGN” bukanlah suatu marketing stunt semata. Sejak awal Cantika punya misi dengan penampilannya ini. “I Wanna celebrate my being, celebrate my body, I just wanna celebrate my skin, my self, karena perjuangan gue tentang self image dan kehilangan kepercayaan diri karena menderita salah satu penyakit auto immune; psoriasis. Penampilan sexy disini bukan bertujuan untuk menjadi object sexual dengan penampilan yang trashy. Gue ingin setelah melihat video music ini teman – teman perempuan merasa sexy dan nyaman dengan tubuh dan kulit masing – masing”, begitu Cantika menegaskan.

Cantika Abigail – SIGN (feat. Rayi Putra) tersedia di semua Digital Streaming Service mulai tanggal 30 Oktober 2020 jam 00.00 WIB. Music Video “SIGN” premiere di channel  YouTube Cantika Abigail tanggal 30 Oktober 2020 jam 14.00 WIB.

Karja, we share creative and up to date content for millennials and gen Z in Indonesia.”