Lockdown akibat corona
Ilustrasi lockdown akibat pandemi corona | Photo from Unsplash/CDC

Karja – Berdasarkan data dari Worldometers per tanggal 20 April 2020 pada pukul 16.13 GMT (Greenwich Mean Time), jumlah kasus positif COVID-19 telah mencapai 2,4 juta kasus di berbagai negara. Setiap negara pun memiliki kebijakan masing-masing dalam menghadapi pandemi ini. Ada yang melakukan physical distancing hingga lockdown akibat pandemi corona ini.

Namun, Karja tidak membahas hal tersebut melainkan bagaimana seandaianya Indonesia menerapkan lockdown seperti negara-negara lain yang telah menerapkan kebijakan ini sebelumnya?


Photo from worldometers.info/coronavirus

Hal apa saja yang harus dipersiapkan untuk menghadapi kemungkinan lockdown  akibat pandemi corona tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

1. Dana Darurat

Lockdown sendiri artinya adalah kebijakan untuk mengunci serta menutup akses masuk maupun keluar dari suatu daerah. Yang harus diperhatikan, kebijakan lockdown juga harus dibarengi dengan adanya jaminan berbagai kebutuhan, seperti suplai makanan, kesehatan, pendidikan, dan lainnya.

Salah satu hal penting lainnya ialah menyediakan dana darurat sekiranya ada keperluan mendesak. Dilansir dari kumparanBISNIS, ada baiknya untuk menyisihkan setidaknya 3 sampai 6 kali pengeluaran bulanan. Jumlah tersebut merupakan hitungan aman apabila seseorang membutuhkan biaya cepat.

2. Bahan Makanan

Meskipun toko-toko yang menyediakan kebutuhan dasar seperti apotek dan toko makanan tetap buka, namun tidak ada salahnya untuk mempersiapkan bahan makanan cadangan di rumah.

Bahan makanan yang kalian sediakan ini bisa mulai dari bahan makanan mentah yang bisa diolah sendiri hingga makanan kaleng maupun makanan instan. Siapkan makanan-makanan sehat untuk menjaga daya tahan tubuh seperti sayuran dan buah.

Namun, tidak hanya makanan sehat, kalian juga bisa mempersiapkan makanan ringan yang kalian sukai. Apabila kalian termasuk pecinta kopi atau teh, tidak ada salahnya untuk menyediakan stok untuk minuman tersebut.

Dalam hal berbelanja bahan makanan, yang perlu kalian perhatikan adalah jangan belanja berlebihan dan belilah sesuai keperluan saja. Jika kalian belanja berlebihan, kalian akan menyebabkan ketidakseimbangan dalam supply dan demand, sehingga harga barang jelas akan melonjak dengan cepat dan barang akan menjadi langka dalam waktu sekejap.

Berbelanjalah sesuai dengan kebutuhan kalian, pikirkanlah juga keadaan orang lain yang membutuhkan bahan makanan untuk keperluan hidupnya sehari-hari.

3. Tetap menjaga komunikasi

Walau kalian berada dalam rumah masing-masing, jangan lupa untuk terus melakukan komunikasi baik dengan teman, rekan kerja, dan perusahaan mengenai hal apa yang harus kalian ketahui.

Kalian bisa melakukan video call dengan teman atau keluarga, bertukar pesan, atau saling mengirimkan video-video lucu agar tidak bosan dan menjaga komunikasi agar tetap berjalan. Kirimkan kalimat-kalimat positif kepada orang lain untuk saling menguatkan dan memberikan energi positif agar tetap tenang di situasi seperti ini.

Selain itu, pastikan juga ketika kalian menerima informasi, cek kebenaran informasi tersebut sebelum membagikannya kepada orang lain. Di situasi seperti ini, hindari membuat orang lain panik dengan berita-berita hoaks yang mungkin saja tersebar.

4. Membersihkan rumah dan olahraga

Apabila diberlakukan lockdown, sudah jelas kalian akan berada di rumah hampir sepanjang waktu. Oleh karena itu, bersihkanlah rumah kalian agar terhindari dari berbagai penyakit dan terasa nyaman untuk ditinggali.

Selain itu, pastikan juga kalian tetap berolahraga ringan dari rumah. Ada banyak kanal YouTube yang memberikan informasi untuk berolahraga dari rumah, contohnya dengan melakukan yoga atau pilates.

5. Bekerja secara efektif dari rumah

Anjuran untuk bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) kini sudah mulai diberlakukan di beberapa perusahaan di Indonesia. Bagi sebagian orang, bekerja dari rumah terdengar menyenangkan; bisa lebih bebas, tidak perlu mengenakan pakaian formal, dan terasa lebih santai.

Namun, untuk tetap menjaga tingkat produktivitas saat bekerja dari rumah, ada hal-hal penting yang harus diperhatikan Salah satunya adalah atur jam kerja sebaik mungkin, jauhkan diri dari hal-hal yang dapat mengganggu pekerjaan, dan sebagainya.

#terusberkarya