Ilustrasi kasir online | Photo from Unsplash/Ramiro Mendes

Karja – Sebagian besar bisnis yang beroperasional hari-hari ini didominasi oleh UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah). Berbagai usaha seperti jual beli kebutuhan sehari-hari, kuliner, fesyen, dan sebagainya pun berkembang cukup pesat.

Sayangnya, masih banyak yang belum mampu mengontrol bisnisnya secara efektif dan efisien khususnya pengelolaan pada aspek penjualan yang menjadi aspek yang sangat vital. Padahal salah satu kemajuan teknologi yang memungkinkan menjadi sebuah solusi terhadap masalah tersebut sudah ada, yaitu kasir online.

Kasir online atau nama lainnya Point of Sale (POS) merupakan aplikasi kasir yang memiliki sistem yang terintegrasi secara online, misalkan sistem penjualan, stok dan semacamnya. Fitur-fitur yang diberikan pun sangat membantu dan spesifik terutama pada bisnis retail (kuliner, butik, dll). Berbagai fitur yang bisa kita temukan di dalam aplikasi kasir online sebagai berikut:

Manajemen penjualan

Aplikasi kasir online tidak bisa dipisahkan dengan namanya penjualan. Aplikasi ini akan memberikan kemudahan dalam transaksi penjualan serta memberikan analisis penjualan yang akurat, real time dan up to date. Aplikasi ini juga akan menyajikan laporan berapa laporan penjualan saat ini, rata-rata penjualan, grafik dan statistiknya dan masih banyak lagi yang berhubungan dengan penjualan.

 

Manajemen stok

Kasir online memberikan penggunanya sebuah analisa laporan yang real time dan up to date sehingga pengguna bisa mengontrol penjualannya kapanpun dan dimanapun mereka mau. Mungkin muncul suatu pernyataan “walaupun tercatat di sistem secara real time dan up to date, toh masih bisa juga diakali di bagian stok”.

Tidak semudah itu, Ferguso! Pencatatan secara real time dan up to date melalui kasir online memberikan laporan data yang akurat pula juga dan tidak membuang waktu, sehingga stock opname dapat dilakukan tanpa harus bingung menganalisis laporan yang ada.

 

Table management

Table management memberikan kemudahan bagi pemilik usaha kuliner atau sejenisnya yang membutuhkan manajemen pada meja tempat usahanya. Mulai dari pengaturan layout lokasi meja untuk tingkat efisiensi lebih tinggi, meja mana yang kosong dan sudah terisi oleh pelanggan, rata-rata berapa lama dan banyak pelanggan yang berada di restoran kita.

 

Manajemen dalam aktivitas bisnis

Kasir online membantu dalam kegiatan-kegiatan penunjang seperti bagaimana desain struk penjualan yang informatif, bagaimana menginput penjualan yang custom (tidak ada di menu), bagaimana mengingatkan promo-promo yang masih berlaku dan juga bagaimana kasir online dapat menyimpan data-data pelanggan yang dapat digunakan sebagai target promosi maupun sebagai bentuk pelayanan layanan lanjutan setelah after sales kepada target promosi tersebut.

 

Aplikasi kasir online merupakan kemajuan teknologi dan fitur dari sistem kasir saat ini. Aplikasi seperti ini sangat menunjang kegiatan bisnis seseorang supaya dapat memperoleh hasil yang efektif dan efisien.

Karja merekomendasikan penggunaan kasir online dengan catatan teman-teman sudah memiliki anggaran untuk menggunakan jasa dari aplikasi ini, tinggal teman-teman pilih brand aplikasi kasir online mana yang sesuai dengan teman-teman.

#terusberkarya