Fakta Khabib

Khabib saat sedang latihan. | Photo from Instagram/khabib_nurmagomedov

Khabib Nurmagomedov berhasil mengalahkan Justin Gaethje sekaligus mempertahankan sabuk juara kelas ringan di ajang UFC 254.

Setelah berhasil memenangkan pertandingan bergengsi ini, Khabib pun menyampaikan bahwa dirinya memutuskan untuk pensiun dari ajang MMA (Mixed Martial Art).

Kepergian sang ayah dan janji kepada sang Ibu membuat Khabib memutuskan pensiun setelah pertandingannya melawan Justin Gaethje. Terlihat Khabib menangis di arena pertandingan saat mengingat kepergian sang ayah. Selama ini ayah Khabib lah yang selalu mendampingi dirinya ketika bertanding.

Pensiunnya Khabib meninggalkan berbagai fakta-fakta menarik. Berikut merupakan 5 fakta Khabib Nurmagomedov sebagai petarung MMA.

1. Tidak pernah terkalahkan saat berkarir sebagai petarung UFC

Fakta Khabib

Khabib sedang menjalani latihan. | Photo from Instagram/khabib_nurmagomedov

Selama karirnya menjadi seorang petarung UFC, Khabib selalu menorehkan kemenangan di setiap pertandingannya. Rekor pertandingannya yakni 29-0 dimana selama bertarung 29 pertandingan, Khabib selalu berhasil memenangkan pertandingan.

Khabib memulai karirnya pada pentas CSFU : Champions League dengan mengalahkan Vusal Bayramov secara submission dengan teknik Rear Naked Choke.

Kemenangan ke-29 yang merupakan kemenangan terakhir diperoleh Khabib dengan mengalahkan Justin “The Highlight” Gaethje.

2. Seorang Muslim yang taat 

Fakta Khabib

Khabib merupakan seorang umat Muslim yang taat. | Photo from Instagram/khabib_nurmagomedov

Khabib Nurmagomedov merupakan seorang Muslim yang taat. Hal ini terbukti dari berbagai kebiasaan positifnya, baik sedang bertanding maupun diluar pertandingan. 

Ketika sedang bertanding, Khabib selalu menyempatkan dirinya untuk berdoa terlebih dahulu. Saat pertandingan usai, Khabib juga memanjatkan syukur kepada Sang Pencipta.

Panjat syukur selalu dilakukan Khabib saat pertandingan. | Photo from Instagram/khabib_nurmagomedov

Khabib juga dengan taat menjalankan norma-norma sebagai seorang Muslim yang taat. Salah satunya adalah dirinya tidak meminum minuman beralkohol dan tidak memiliki tattoo di tubuhnya. 

3. Berhasil mengalahkan petarung fenomenal Conor McGregor

Conor McGregor | Photo from Instagram/thenotoriousmma

Salah satu pertandingan paling fenomenal dalam sejarah ajang UFC adalah pertandingan Khabib melawan Conor McGregor. Pertandingan tersebut sarat akan emosi antar kedua petarung tersebut. 

Berbagai drama pun terjadi sebelum pertandingan dilaksanakan. Hal ini semakin membuat duel keduanya semakin menarik. Pada akhirnya Khabib berhasil memenangkan pertandingan.

Conor McGregor dibuat tidak berkutik oleh Khabib Nurmagomedov pada ronde ke-4 melalui kuncian Khabib yang membuat McGregor harus menyerah. 

4. Memiliki catatan 13 kemenangan beruntun di ajang UFC

Fakta Khabib

Ayah Khabib yang selalu mendampingi putranya bertanding. | Photo from Instagram/khabib_nurmagomedov

Pensiunnya Khabib Nurmagomedov sekaligus meninggalkan catatan karir yang sangat cemerlang. Tidak tanggung-tanggung, Khabib tidak pernah terkalahkan selama berkarir menjadi petarung di ajang UFC. 13 Kemenangan beruntun pun diperolehnya sejak pertama kali di ajang UFC melawan Kamal Shalorus pada 20 Januari 2012. 

Khabib saat ini merupakan pemegang sabuk juara UFC kelas lightweight. Dirinya berhasil mempertahankan sabuk juaranya dengan melakoni pertandingan terakhir melawan Justin Gaethje.

Karja, we share creative and up to date content for millennials and gen Z in Indonesia.”